Event

Merayakan Ulang Tahun Yang Maha Suci Karmapa Ogyen Trinley Dorce




Aktivitas Dharma Rinjung Trulku Rinpoche – Triyana DC Mei 2017



Rinjung_Trulku_Rinpoche

Aktivitas Dharma Rinjung Trulku Rinpoche
Triyana DC Mei 2017

Biografi

Rinjung Rinpoche lahir di Taplejung, Nepal pada tahun 1994. Beliau dikenali oleh Gyalwang Karmapa XVII Ogyen Trinley Dorje sebagai kelahiran kembali Yongzin Damchoe Losal Rinpoche (guru pembimbing Yang
Terkemuka Goshir Gyaltsab Rinpoche XII).

Segera setelah Rinpoche dikenali, pada tahun 2007, beliau dibawa ke Vihara Palchen Choeling di Sikkim, kedudukan Yang Terkemuka Goshir Gyaltsab Rinpoche serta ditahtakan sesuai dengan tradisi Buddhisme
Tibet.

Sejak saat itu, beliau secara pribadi dibimbing oleh Yang Terkemuka Goshir Gyaltsab Rinpoche dengan berbagai ajaran Sutra dan Tantra khususnya ajaran-ajaran besar dalam tradisi Kamtsang Kagyu dan Shangpa Kagyu, semua ini memastikan beliau beraktivitas sebagai Guru yang berkualitas.

 

Topik & Sinopsis

Senin-Selasa, 08-09 Mei 2017, pukul 19:00-21:00 WIB
Lojong Tujuh Poin Pelatihan Mental

Merupakan salah satu metode kunci dalam pelatihan batin Kadampa guna mengikis mentalitas egosentris. Karya Kadam Geshe Chekawa ini menyajikan pokok-pokok esensial Lojong (Pelatihan Mental) dalam bentuk slogan-slogan praktis yang sistematik.

 

Kamis, 11 Mei 2017, pukul 09:00-11:00 WIB
Perayaan Waisak

Perayaan Waisak 2561 BE (2017) bersama Rinjung Trulku dan para Sangha Triyana DC. Acara meliputi mandi Buddha, dan pujian & persembahan khusus kepada Sakyamuni Buddha, serta aspirasi-aspirasi Monlam.

 

Jumat, 12 Mei 2017, pukul 19:00-21:00 WIB
Berlindung & Ikrar Bodhisattva

Berlindung (Trisarana) sebagai satu-satunya gerbang memasuki Buddhisme yang merupakan metode terunggul untuk menghindari kelahiran di alam-alam rendah dan siklus samsara secara keseluruhan. Kelas ini menyajikan perspektif pokok mengenai teori dan praktik Trisarana, sekaligus mentalitas Bodhicitta sebagai fondasi segala praktik Mahayana, baik Sutra maupun Tantra.

 

Sabtu, 13 Mei 2017, pukul 16:00-21:00 WIB
Abhiseka Heruka Cakrasamvara (wajib registrasi)

Sebagai salah satu Istadevata utama dalam silsilah Karma Kagyu, praktik ini diklasifikasikan sebagai Yoga Tantra Tertinggi berdivisi Tantra Bunda, khususnya, dikatakan bahwa berkah-berkah Tantra ini menjadi semakin intens seiring merosotnya zaman.

Inisiasi yang akan diberikan adalah Abhiseka ke dalam Mandala Cakrasamvara Lima Devata menurut sistem Mahasiddha Ghantapada. Abhiseka Sesi Persiapan digabung dengan Abhiseka Sesi Aktual, sehingga berdurasi satu hari saja (dari dua hari atau lebih, sebagaimana durasi Abhiseka pada umumnya). Abhiseka yang diberikan adalah Abhiseka Bejana Umum, yakni serangkaian Lima Abhiseka Bejana yang berasosiasi dengan Panca-dhyani Buddha. Abhiseka Bejana Khusus dan Tiga Abhiseka Lanjutan tidak diberikan dalam kesempatan ini, sehingga tiada komitmen Tantrik yang diberikan (semisal samaya akar, samaya Lima Tathagata, dll).

Terdapat banyak manfaat yang diperoleh dari menerima Abhiseka Bejana Umum yang demikian, meliputi: tilasan karma khusus terhadap Sri Cakrasamvara, serta purifikasi yang intensif. Program ini adalah yang pertama kalinya diadakan secara publik di Indonesia (Jakarta & Surabaya).

A. Peserta wajib menyelesaikan registrasi demi ketersediaan material pendukung & konsumsi. Peserta yang merampungkan serangkaian proses registrasi akan menerima kode registrasi.

B. Adapun komitmen dari penerimaan Abhiseka ini adalah: (1) Ikrar & disiplin Trisarana, (2) Ikrar Bodhicitta, (3) Melaksanakan sadhana tersingkat Cakrasamvara setiap hari, seumur hidup (tersedia teks untuk praktik sehari-hari).

C. Guna memastikan akurasi praktik harian, peserta Abhiseka Cakrasamvara wajib mengikuti komentari (pengajaran) Sadhana Cakrasamvara pada Minggu, 14 Mei 2017 pukul 08:00-10:00 WIB.

 

Minggu, 14 Mei 2017, pukul 08:00-10:00 WIB
Komentari Sadhana Tersingkat Cakrasamvara (wajib registrasi)

Sadhana (metode realisasi) adalah serangkaian praktik meditatif yang ditata sedemikian rupa untuk memastikan kemunculan buah dari potensi-potensi yang diaktifkan selama penerimaan suatu Abhiseka. Sadhana Cakrasamvara yang akan diulas adalah sadhana Tahap Pembangkitan Sahaja Cakrasamvara tersingkat gubahan Gaushri Gyaltsab Rinpoche. Peserta kelas ini sudah harus menerima Abhiseka Cakrasamvara pada Sabtu, 13 Mei 2017.

 

Minggu, 14 Mei 2017, pukul 13:00-15:00 WIB
Inisiasi (je-nang) & Transmisi Manjusri Namasangiti (wajib registrasi)

Inisiasi (je-nang) ini merupakan pemberkahan tubuh, ucapan dan batin yang memberikan otorisasi untuk memeditasikan Manjusri Namasangiti dan melafalkan kidung nama-namaNya. Transmisi lisan Kidung Nama-nama Manjusri (Manjusrinamasangiti) akan diberikan selepas inisiasi (je-nang) ini. Peserta inisiasi (je-nang) Manjusri Namasangiti sudah harus menerima Abhiseka pada 13 Mei 2017. Tidak ada komitmen tambahan untuk inisiasi (je-nang) Manjusri Namasangiti selain ikrar-disiplin Trisarana dan ikrar Bodhicitta.

 

Senin, 15 Mei 2017, pukul 19:00-21:00 WIB
Studi dan Praktik Shamatha & Vipashyana

Perpaduan Metode dan Kebijaksanaan dalam bentuk Shamatha & Vipashyana adalah ujung tombak dalam mencabut akar-akar samsara. Keampuhan metode meditasi khas Buddhis ini berawal mula dari pemahaman yang menyeluruh atas prinsip-prinsip mendasar dari praktiknya. Kelas ini memperkenalkan apa dan bagaimana Shamatha dan Vipashyana, khususnya menurut tradisi Mahamudra.
Informasi lebih lanjut: Triyana DC +62317384107, +6281233338999

 

REGISTRASI: +6287862295526
Registrasi paling lambat 10 Mei 2017



Khenpo Karma Wosung




Pembabaran Dharma – Tana Tulku Pema Rinpoche



pembabaran_dharma_agustus


Happy Chinese New Year 2016




Puja Amitabha (Chaudu / Ullambana) | 22-28 Agustus 2015




Puja Amitabha (Chaudu/Ullambana)




Happy Chinese New Year





Kursus Dharma






kursus-dharma-2



Kunjungan Ven. Sangter Rinpoche







Puja Amitabha (Chaudu/Ullambana)