Manfaat Namaskara


Makna dari Namaskara adalah kita mengambil perlindungan kepada Buddha, Dharma dan Sangha. Kenapa kita melakukan perlindungan ke Buddha, Dharma, dan Sangha? Oleh karena samsara adalah samudra penderitaan yang dahsyat dan kita tidak menginginkan hal tersebut. Kita lihat bahwa yang lain tidak mampu diandalkan dalam hal memberikan perlindungan kepada kita, hanya Buddha, Dharma dan Sangha yang mampu melindungi kita dari Samsara. Apabila dalam batin kita yang terdalam kita memiliki keyakinan dan bhakti yang kuat kepada Buddha, Dharma dan Sangha maka semua perbuatan salah, karma buruk dan halangan-halangan kita akan terpurifikasi.

 

Ada sebuah kisah tentang seorang raja di India yang bernama Makeda. Makeda juga melakukan perbuatan yang negatif. Dia membunuh ayahnya sendiri. Dan dia merasa sangat bersalah karena sudah membunuh ayahnya. Setelah itu dia mengambil perlindungan kepada Buddha, Dharma dan Sangha. Setelah meninggal, dia terlahir di alam neraka tapi hanya berdiam disana selama 7 hari dan kemudian terlahir kembali di alam yang tinggi. Karena dia sudah berlindung ke Buddha, Dharma dan Sangha. Bahkan Buddha juga memberikan prediksi bahwa ia akan menjadi seorang Pratyeka Buddha kelak di masa yang akan datang.

 

Ada seorang Mara bernama Lejin yang selalu mengganggu sang Buddha dan setelah Lejin melihat bahwa ketika dia meninggal, dia akan terlahir di alam “neraka penderitaan terdalam”, maka terbangkitlah rasa penyesalan yang mendalam dalam dirinya dan akhirnya sang mara pergi berlindung kepada Buddha, Dharma dan Sangha. Sang Buddha meramalkan bahwa setelah Lejin meninggal, dia akan terlahir menjadi Pratyeka Buddha.

 

Jasa kebajikan dari melakukan perlindungan kepada Buddha, Dharma dan Sangha jika dibentuk maka angkasa pun tidak cukup karena jasa kebajikan dari melakukan perlindungan lebih besar dari angkasa.

 

Sarva manggalam