Doa hari ke-1 (Seven day Prayers For A Time of Pandemic)

Halo semuanya, tashi delek

Saya sangat bahagia bisa melafalkan doa-doa bersama Anda semua untuk meredam pandemi.
Kita akan melafalkan doa-doa selama 7 hari yang dimulai hari ini.

Hari ini, di hari pertama kita akan melafalkan Sutra Hati yang Menolak Para Mara. Sebagaimana yang kita tahu Sutra Hati adalah Sutra Mahayana yang penting, yang mengajarkan Sunyata dan saling ketergantungan.

Saat ini Virus Corona menyebar di seluruh dunia. Kita secara jelas melihat makna saling ketergantungan. Kita bisa melihat kita masing masing saling terkait dengan lainnya dan tidak ada jarak antara kita dan lainnya sebagaimana sebelumnya.

Jika kita mempunyai pengertian mendalam tentang saling ketergantungan mungkin virus corona tidak akan menyebar sedemikian luas di dunia. Tapi secara natural kita memiliki kemelekatan ego yang solid. Kita berpikir tiap keluarga,tiap komunitas, tiap negara adalah berbeda dan terpisah. Dan kita hanya perhatian pada apa saja yang berefek langsung pada kita. Dan tidak berpikir tentang hal yang lain secara serius.

Namun setiap nafas yg kita ambil berhubungan dengan tiap orang. Dan pandemi ini menunjukkan bagaimana hal ini berefek pada tiap2 yang lainnya.Dan seberapa besar kita saling terhubung. Situasi ini tidak akan pernah kita lupakan selama hidup kita.

Jadi saya pikir adalah sangatlah membantu jika kita merefleksikan pengalaman hidup kita dengan makna dari Sutra Hati bersama-sama.

Semakin pendek kita membuat jarak antara Dharma dengan hidup kita. Semakin Kita lihat tak ada perbedaan antara orang yang melatih Dharma dengan Dharma yang dilatihnya. Dharma dan masing-masing individu menjadi satu dan kita akan menjadi apa yang kita sebut Praktisi Dharma.

Setelah ini, kita akan melafalkan Sutra Hati secara bersama-sama. Saya akan melafalkan secara perlahan. Jika Anda bisa melafalkan bersama dengan Saya, bagus, atau lainnya, bisa Anda lafalkan sesuai yang Anda inginkan. Point utamanya adalah pikiran jangan kacau . Adalah penting untuk memikirkan maknanya. Terima kasih.

Category : Event

Comments are closed.