Doa hari ke-5 (Seven day Prayers For A Time of Pandemic)

Tashi delek

Sangat sulit untuk mengatakan selamat pagi atau selamat siang dikarenakan perbedaan zona waktu. Lebih baik Saya ucapkan Tashi Delek….

Hari ini adalah hari ke-5 doa-doa untuk meredam pandemi.

Hari ini kita akan melafalkan dua doa yang sangat terkenal Guru Rinpoche. Guru Rinpoche atau Padmasambhava adalah seorang yang terpelajar dan Siddha dari tanah oddiyana.Yang datang ke Tibet pada akhir abad ke 8, saat di Tibet beliau menghalau semua halangan-halangan yang menghalangi Ajaran Dharma berkembang di Tibet.

Beliau adalah salah seorang figur utama dalam awal penegakkan ajaran Buddha di Tibet. Dan oleh karenanya Beliau bagaikan Buddha ke 2 bagi orang-orang Tibet. Orang-orang mengagumi dan menghormati beliau bagaikan Pahlawan berkekuatan super. Beliau mempunyai kekuatan yang luar biasa dan kesaktian yang hebat. Tak ada halangan yang dapat menghentikannya, tak ada kesulitan yang membuatnya mundur. Semenjak saya masih anak-anak, saya mempunyai keyakinan yang besar kepada Guru Rinpoche. Hingga saya berumur 8 tahun, satu satunya doa yang saya tahu, yaitu Doa 7 baris Guru Rinpoche. Kapanpun anggota keluarga maupun tetangga meminta saya untuk melafalkan doa, saya mengunakan Doa 7 baris untuk mereka.

Kini,selama masa pandemi,banyak orang mempunyai ketakutan yang luar biasa dan kecemasan. Itu adalah normal merasa cemas pada situasi seperti ini. Yang mana adalah pengalaman yang tidak pernah kita alami dalam hidup ini sebelumnya dan sangat sulit untuk mengetahui apa yang terjadi dimasa mendatang. Namun ketika bencana besar terjadi, adalah bahkan jauh lebih penting bagi kita untuk menenangkan pikiran kita. Sehingga kita bisa berpikir jernih dan membuat keputusan yang benar. Karena di krisis yang luar biasa seperti yang ini, banyak keputusan yang kita buat, bisa jadi masalah hidup dan mati. Pandemi berbeda dengan perang. Dalam perang kita punya pilihan untuk menyerah kepada musuh.Tetapi dalam pandemi ini anda tak mempunyai pilihan itu karena kita harus menang! Untuk memperoleh kemenangan dari pandemi,kita harus mempunyai tekad, pendirian, dan keyakinan yang kuat. Kita harus seperti Guru Rinpoche. Kita seharusnya mencari jalan keluar dari halangan. Kita harus mengadapinya. Kita gak boleh takut.

Ajaran pelatihan batin mengajarkan kita bahwa sakit dan kesulitan adalah guru spiritual. Kita harus berani menghadapi kesulitan dan mengatasi halangan-halangan. Jika kita paham, seluruh masalah dan penderitaan kita akan memberikan kita suatu pelajaran dan halangan bisa menjadi teman kita.

Tapi saat ini kita tidak mempunyai cukup kekuatan dalam diri kita. Oleh sebab itu kita perlu berdoa kepada Guru Rinpoche. Karena di masa kemerosotan ini, berkah dari Guru Rinpoche dan kekuatan untuk membersihkan halangan adalah tak ada bandingannya. Oleh sebab itu kita sekarang akan melafalkan doa Guru Rinpoche bersama-sama. Terima kasih.

Category : Event

Comments are closed.