Doa hari ke-7 (Seven day Prayers For A Time of Pandemic)

Tashi delek,
Hari ini adalah hari ke 7 dan merupakan hari terakhir dari doa-doa untuk meredam pandemi. Hari ini kita akan melafalkan doa-doa dari Thang Tong Gyalpo yang menyelamatkan Sakya dari penyakit bersama mantra 6 suku kata dan mantra lainnya serta menenangkan ketidak serasian Para Mamo. Terdapat banyak mantra yang berbeda tetapi kita hari ini akan melafalkan yang akan membantu untuk pandemi saat ini.

Thang Tong Gyalpo adalah Siddha dari abad ke 14 yang terkenal. Suatu hari ada epidemi besar di vihara Agung Sakya dan tak ada sama sekali pengobatan medis, persembahan-persembahan atau ritual yang diusahakan dapat menolongnya. Dan ketika semua orang hampir meninggal, mereka memohon pertolongan Thang Tong Gyalpo. Beliau menulis doa ini dan epidemi dapat diredam, demikian sejarahnya.

Mengenai Memperbaiki ketidak serasian Para Mamo, dalam bahasa sansekerta Mamo disebut dengan Matri, salah satu jenis mahkluk halus. Tapi disini harus dipahami sebagai lingkungan alam yang muncul dalam bentuk sesosok dewi di dalam. Pada dasarnya,ini seperti kita membuat perbaikan-perbaikan bagi kesalahan-kesalahan kita untuk memperbaiki ketidak selarasan dan ketidak harmonisan kita dengan lingkungan alam.

Saya rasa doa-doa kita saat ini berjalan sangat baik dan menjangkau lebih dari sejuta orang serta setidaknya 200.000 orang telah menyaksikan sesi doa secara langsung dan berdoa bersama.

Banyak Rinpoche, bhiksuni, Vihara monastik di India, Nepal dan Bhutan ikut bergabung juga. Tiap orang berpartisipasi dalam doa secara sukarela tanpa diminta. Ini membuat saya memperbarui harapan dan kepercayan diri bahwa dunia akan berubah lebih baik.Terima kasih semuanya dari lubuk hatiku terdalam.

Saat ini, saya mengambil tugas baru untuk berbicara dalam 3 bahasa. Biasanya, ketika ada penerjemah, saya bisa lebih relaks. Tapi kali ini saya tidak ada penerjemah dan membuatnya sedikit kesulitan. Tapi saya berharap komunikasi saya langsung dalam beberapa bahasa dapat memberikan Anda pemahaman yang lebih baik dan merasakan koneksi secara pribadi pada diri saya.Khususnya, ini adalah pertama kalinya saya berbicara sedemikian banyak dalam bahasa inggris, dan meskipun bahasa inggris saya tidak lancar, saya berharap Anda bisa merasakan bahwa saya peduli.

Saat ini saya secara fisik di eropa. Jadi kesulitan yang dialami tiap orang tak hanya kata-kata belaka bagi saya. Saya mengalaminya bersama Anda dan Saya merasa ini adalah kesempatan khusus bagi saya. Tetap, saya tidak yakin akan tertular virus corona.

Eropa saat ini mulai bisa mengontrol epidemi. Saya juga berharap hal ini terjadi di Amerika juga segera. Tapi saya mempunyai perhatian sangat besar untuk Afrika, Amerika selatan, Asia dan lainnya. Terutama saya khawatir dengan India, yang seperti rumah kedua saya. Pemerintah pusat dan daerah telah berusaha sepenuhnya. Tapi populasi india sangatlah besar dan terdapat banyak kesulitan seperti penyediaan alat test yang memadai dan sebagainya. Meskipun mereka telah melakukan karantina jalan-jalan dan jam malam untuk membatasi penyebaran penyakit. Banyak pekerja yang bergantung pada upah harian hidup dan mengalami kesulitan yang mengerikan.Oleh sebab itu tolong berdoa untuk india dan lakukan apapun yang Anda bisa untuk membantu.

Saya juga meminta kepada Anda semua yang berada di wilayah himalaya untuk tidak main-main dengan penyakitnya. Ini adalah sangat krusial penting untuk mengikuti nasihat ilmiah dalam metode pencegahan penyebaran.

Saya juga memberikan perhatian besar pada komunitas Tibet di India, Nepal dan Bhutan juga warga Tibet yang tinggal di luar seperti di eropa, Amerika dan negara lainnya. Meskipun pengobatan barat belum bisa memberikan pengobatan pada penyakit ini, tapi beberapa dokter Tibet yang berpengalaman dapat memberikan pengobatan yang efektif. Namun, hal utama adalah untuk mencegah infeksi. Tali pelindung melingkari leher Anda atau pil terbekahi tidak akan menolong apapun jika Anda berdesakan dalam kumpulan banyak orang.

Anda bertanggung jawab dalam melindungi diri Anda sendiri yang tidak dapat Anda berikan pada obat dan tali pelindung.

Khususnya di masa ini ketika orang orang dalam ketakutan dan cemas, jika Anda dapat melakukan sedikit pelatihan Dharma, hal tersebut dapat menolong Anda menemukan kesejukan pikiran dan meningkatkan keyakinan.

Berikutnya kita akan melafalkan doa dan mantra bersama-sama. Terima kasih banyak.

Category : Event

Comments are closed.